Sejarah Berdirinya

2.
Letak Geografis
Pondok
Pesantren Al-Ihya 'Ulumaddin berlokasi di Dusun Platar Desa Kesugihan Kidul, Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Pondok ini didirikan di atas areal tanah seluas 4 hektar. Seorang tokoh ulama besar yang bernama KH. Badawi Hanafi mendirikan Pondok Pesantren ini dengan
memanfaatkan mushola peninggalan ayahnya
KH. Fadil untuk mengawali perintisan Pesantren, Mushola atau Langgar tersebut
dikenal dengan nama "Langgar Duwur"
Dilihat dari
lokasinya, gedung Pondok Pesantren Al-Ihya 'Ulumaddin ini mudah dijangkau karena, di samping letaknya yang dekat dengan jalan raya, pondok ini
juga terletak di pusat kota Kecamatan Kesugihan. Walaupun demikian, pondok ini tetap nyaman untuk para santri
belajar, di samping gedungnya yang sudah tertata rapi, pondok ini juga di kelilingi gedung dan rumah penduduk, sehingga bisingnya suara kendaraan dan riuhnya
keramaian dapat teredam. Oleh karenanya,
kondisi pondok tersebut cukup memberikan ketenangan bagi para santri
untuk mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum pesantren. Adapun
batas yang melingkupi Pondok Pesantren Al-Ihya
‘Ulumaddin adalah sebagai berikut:
a.
Sebelah Barat berbatasan dengan Jalan Kemerdekaan
Timur No. 1
b.
Sebelah Timur berbatasan dengan perumahan
penduduk
c.
Sebelah Utara berbatasan dengan Jalan Raya Besar
jurusan Cilacap-Yogyakarta.
Secara
geografis Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap berada pada
posisi yang sangat strategis, karena Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin
dibangun dekat dengan alat transportasi (karena api, bus umum) dan relatif dekat dengan sumber air, dekat dengan pusat
perekonomian (Pasar Kliwon Kesugihan) dan secara politis dekat dengan pusat Pemerintahan
Tingkat II Kabupaten Cilacap. Untuk lebih jelasnya berikut penulis cantumkan
denah lokasi Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap yang
merupakan hasil observasi penulis:
|

|
DENAH
PONDOK PESANTREN AL IHYA ‘ULUMADDIN
![]() |
Keterangan
Denah
a.
Dua lantai It.I: Madrasah ‘Aliyah MINAT dan It. II: Madrasah Tsanawiyah MINAT.
b.
Kantor Yayasan (Ya BAKII)
c.
SMP Ya BAKII Putra
d.
Perpustakaan “Darul Hikmah” dan Kantor Pondok
e.
Asrama Putra PPAI Komplek Sabilul Hidayah (CH)
f.
Asrama Putri PPAI Komplek Roudlotul Qur’an (RQ)
g.
Masjid/ Mushola Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin
h.
Tempat Wudlu dan Kulah Masjid/ Mushola
i.
Menara Masjid
j.
Aula Qodim
k.
Tiga Lantai Ruang Tamu
l.
Lantai I: Aula Putri, Lt. II: Asrama Putri, Lt.
III: Tempat Menjemur Pakaian
m.
Kantor PPAI Putri
n.
Tempat Wudlu Khusus Putri
o.
Kantor MA MINAT
p.
MA/ MTS MINAT Putri
q.
Kamar Mandi dan Wc Putri
r.
Tempat Sampah PPAI Putri
s.
Asrama PPAI Putra Komplek Darul Fawaid
t.
Asrama PPAI Putra A dan B
u.
Aula Jadid
v.
Gedung PPAI Putra
w.
Kamar Mandi dan WC PPAI Putra
x.
Asrama PPAI Putra Komplek Asmaul Chusna
y.
Tempat Sampah PPAI Putra
*. Perumahan
Dewan Kyai
… Pagar tembok.[3]
3.
Struktur Organisasi
Pondok Pesantren merupakan
tempat kegiatan belajar dan mengajar, pada lingkungan pondok terdapat seorang
kyai, ustadz, santri yang memiliki kegiatan masing-masing. Oleh karena itu, untuk memperlancar kegiatan dan tanggung jawab yang dimiliki oleh setiap personil yang berada di lingkungan pondok pesantren, maka
diperlukan struktur organisasi yang tepat.
Berdasarkan hasil
observasi di Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin didapatkan data tentang Struktur Organisasi Pondok
Pesantren. Adapun Struktur
Organisasi Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap masa khidmah 2011-2014 adalah
sebagai berikut:

Keterangan:
a. Pengasuh
1)
KH. Chasbulloh Badawi, BA
2)
KH. Imdadurrohman Al 'Ubudi
3)
KH. M Suhud Muchson, Lc
b. Dewan
Kyai
1)
K. Wafirudin Muchson
2)
KH. M Syahid Muchson
3)
KH. Sholihudin Muchson
4)
KH. Drs. Nasrulloh Muchson
5)
K. Musyafa Aghnas Muchson
6)
KH. Mu'arrofudin, SH
7)
KH. Labiburrohmat Muchson AH
8)
KH. Lutfil Hakim, SH
9) KH.
Charir Mucharir, SH, MH
10) KH.
Lubul Umam, SE
11) K.
Soiman Nawawi, S.H.I, MH
12) K. Lubadul
Fikri
13) K.
Lumaurridlo, S Psi, M.Pd
14) KH. Ahmad
Shoim el Amin, Lc
15) K.
Chasbulloh Maulana, S Pd I
16) K. Thoifur,
S.Ag, M.Si
c. Mahkamah
Pesantren
1)
Ust. M Nasir
2)
Ust. Mujahidin S.H.I
3)
Ust. M Nikmatulloh S.H.I
d.
Ketua Umum
Ust. Nur
Kholis
e.
Kabid 1
Ust M
Ali Muchson
f.
Kabid 2
Ust.
Mubarokatul Kirom
g.
Sekretaris
Ust. Teguh Wibowo
h.
Bendahara
1)
Ust. Santo Cahyono
2)
Ust. Khotib Asnawi
i.
Biro Pendidikan
1) Ust
Giatno Al Kindy
2) Ust.
Khikmaturrohim
j.
Biro Sarpras
1)
Ust. Mahin Sulhan
2)
Ust. Amin Mubarok
k. Biro
Keamanan
1)
Ust. Joko Radianto
2)
Ust. Muhriyanto
l.
Biro Pelitbang
1)
Ust. Saeful Muslim
2)
Ust. Yafi Amroni
m. Biro
Invent
1)
Ust. Agus Fauzi
4.
Keadaan Pengasuh Pondok, Kyai, dan Santri
Dengan
adanya seorang pengasuh pondok pesantren dan dewan kyai, proses
pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren akan berjalan dengan baik. Pengasuh dan Dewan Kyai memiliki peranan yang sangat vital di lingkungan pesantren demi terwujudnya
tujuan dan harapan serta kemajuan santri melalui proses kegiatan pendidikan. Adapun
keadaan Kyai dan Santri sebagai berikut:
a.
Keadaan pengasuh
1)
KH. Chasbulloh Badawi, BA
2)
KH. Imdadurrohman Al 'Ubudi
3)
KH. M Suhud Muchson, Lc
b.
Dewan Kyai
1)
K. Wafirudin
Muchson
2)
KH. M Syahid Muchson
3)
KH. Sholihudin Muchson
4)
KH. Drs. Nasrulloh Muchson
5)
K. Musyafa Aghnas Muchson
6)
KH. Mu'arrofudin, SH
7)
KH. Labiburrohmat Muchson AH
8)
KH. Lutfil Hakim, SH
9)
KH. Charir Mucharir, SH, MH
10) KH.
Lubul Umam, SE
11) K.
Soiman Nawawi, S.H.I, MH
12) K. Lubadul Fikri
13) K. Lumaurridlo, S.Psi, M.Pd
14) KH. Ahmed Shoim, Lc
15) K. Chasbulloh Maulana, S.Pd.I
16) K. Toifur, S.Ag, M.Si
c.
Santri
1) Santri
Putra
Jumlah
keselurah dari santri putra 235 santri yang semua itu terdapat di
kemplek-komplek.[5]
No
|
Nama Komplek
|
Jumlah
|
1
|
Komplek Asasunnajah (A)
|
102
|
2
|
Komplek Babussalam (B)
|
1
|
3
|
Komplek Sabilul Hidayah (CH)
|
15
|
4
|
Komplek Darul Fawaid (D)
|
16
|
5
|
Raudlotul Qur’an (RQ)
|
6
|
6
|
Komplek Asmaul Husna (G)
|
75
|
JUMLAH
|
235
|
2) Santri
Putri
Jumlah
keselurahan santri putri 236 yang kesemuanya terklasifikasi berdasarkan tingkat
pendidikan, adapun perinciannya adalah sebagai berikut:
NO
|
TINGKAT
|
JMLH
|
1
|
KULIAH
|
21
|
2
|
MA
|
111
|
3
|
SMA
|
11
|
4
|
MTs
|
66
|
5
|
SMP
|
27
|
JUMLAH
|
236
|
5.
Sarana dan Prasarana
Sarana
penunjang pendidikan Pondok Pesantren Al-Ihya 'Ulumaddin Kesugihan Cilacap, mempunyai fungsi strategis
untuk mendukung terciptanya tujuan pendidikan.[6]
Beberapa sarana penunjang yang kini telah tersedia di Pondok Pesantren Al-Ihya 'Ulumaddin Kesugihan Cilacap adalah:
No
|
Sarana
|
Jumlah
|
1
|
Unit Masjid
|
1
|
2
|
Unit Aula Putra
|
2
|
3
|
Unit kopontren
|
1
|
4
|
Unit Gedung Madrasah Putra
Berlantai 2
|
2
|
5
|
Unit Asrama Pesantren Putra
Berlantai 1
|
2
|
6
|
Unit Asrama Pesantren Putra
Berlantai 2
|
3
|
7
|
Unit Asrama Pesantren Putri
Berlantau 2
|
2
|
8
|
Unit Gedung Madrasah Putri
Berlantau 2
|
2
|
9
|
Unit Aula Putri
|
1
|
10
|
Unit Perkantoran Putra
|
1
|
11
|
Unit Perkantoran Putri
|
1
|
12
|
Unit Perpustakaan Berlantai 2
|
1
|
13
|
Unit Kamar Mandi dan WC Putra
|
25
|
14
|
Unit Kamar Mandi dan WC Putri
|
25
|
15
|
Tempat olah raga Putra
|
1
|
16
|
Tempat olah raga Putri
|
1
|
17
|
Unit Puskestren
|
1
|
18
|
Unit Kantin putra
|
1
|
19
|
Unit Kantin putri
|
1
|
20
|
Radio El-Ihya FM 107. 7
|
1
|
21
|
BLK Al-Ihya
|
1
|
[1] Hasil Wawancara Dengan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin
Kesugihan Cilacap KH. Syuhud Muhson Lc. Dan KH. Imdadurrahman Al-‘Ubudi pada Hari Rabu Tanggal 11 Juni 2012 Pada Jam 18.
45-19.20 WIB dan Jam 10. 00-10. 35 WIB.
[2] Hasil Observasi Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan
Cilacap Pada Tanggal 10 Juni 2012.
[3] Hasil Observasi Di PP. Al Ihya ‘Ulumaddin Pada Tanggal 12 Juni 2012
pada Jam 20.00 WIB
[4] Dokumentasi Pondok
Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap Diambil Pada Tanggal 10 Juni
2012 Pada Jam 21.00 WIB.
[5] Dokumentasi Pondok
Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap Diambil Pada Tanggal 10 Juni
2012 Pada Jam 21.00 WIB.
[6] Hasil Wawancara Dengan
Nur Cholis Al-Khafid Selaku Lurah Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan
Pada Tanggal 19 Juni 2012 Pada Pukul 19. 30-20-20 WIB.
No comments:
Post a Comment