ISLAM SEBAGAI PARADIGM ILMU PENDIDIKAN
Islam
Sebagai Agama Wahyu Mengandung Ajaran- Ajaran Yang Bersifat Universal Dan
Enternal Serta Mencakup Seluruh Aspek Kehidupan. Dengan Ajaran- Ajaran Tersebut
Islam Menuntun Manusia Untuk Untuk Meningkatkan Harkat Dan Martabatnya Agar
Memperoleh Kebahagiaan Dunia Dan Akhirat. Dengan Demikian Ajaran Islam Syarat
Dengan Nilai-Nilai Bahkan Konsep Pendidikan. Akantetapi Semua Itu Masih
Bersifat Subjektif Dan Transcendental.Agar Menjadi Konsep Yang Objektif Perlu
Didekati Dengan Pendekatan Keilmuan. Atau sebaliknya perlu disusun konsep, Teori
Atau Ilmu Pendidikandengan Menggunakan Paradigma Islam Yang Syarat Dengan
Nilai-Nilai Pendidikan.
Pemikiran semacam
ini kiranya saat ini memiliki momentum yang tepat karena dunia pendidikan sedang
menghadapi krisis konseptual.disamping karena begitu cepatnya terjadi perubahan
sosial yang sulit diprediksi, juga karena intervensi pemikiran non kependidikan
seperti ekonomi dan politik kedalam pendidikan yang tak dapat
dihindarkan.akibatnya banyak orang yang tidak puas terhadap system pendidikan
konvensional dan formal akhirnya mencari solusi lain. Misalnya munculnya
gagasan “masyarakat tanpa sekolah “ ,”pendidikan tanpa batas” ,”pendidikan yang
membebaskan “, dan ”pendidikan untuk kaum tertindas”.
Maka dari
itu dengan hadirnya konsep pendidikan yang didasarkan atas paradigm islam dapat
menjadi alternative bagi dunia pendidikan dalam menghadapi krisis
konseptualnya.
No comments:
Post a Comment