Friday, 10 April 2015

ISLAM SEBAGAI PARADIGM ILMU PENDIDIKAN

ISLAM SEBAGAI PARADIGM ILMU PENDIDIKAN

Islam Sebagai Agama Wahyu Mengandung Ajaran- Ajaran Yang Bersifat Universal Dan Enternal Serta Mencakup Seluruh Aspek Kehidupan. Dengan Ajaran- Ajaran Tersebut Islam Menuntun Manusia Untuk Untuk Meningkatkan Harkat Dan Martabatnya Agar Memperoleh Kebahagiaan Dunia Dan Akhirat. Dengan Demikian Ajaran Islam Syarat Dengan Nilai-Nilai Bahkan Konsep Pendidikan. Akantetapi Semua Itu Masih Bersifat Subjektif Dan Transcendental.Agar Menjadi Konsep Yang Objektif Perlu Didekati Dengan Pendekatan Keilmuan. Atau sebaliknya perlu disusun konsep, Teori Atau Ilmu Pendidikandengan Menggunakan Paradigma Islam Yang Syarat Dengan Nilai-Nilai Pendidikan.
Pemikiran semacam ini kiranya saat ini memiliki momentum yang tepat karena dunia pendidikan sedang menghadapi krisis konseptual.disamping karena begitu cepatnya terjadi perubahan sosial yang sulit diprediksi, juga karena intervensi pemikiran non kependidikan seperti ekonomi dan politik kedalam pendidikan yang tak dapat dihindarkan.akibatnya banyak orang yang tidak puas terhadap system pendidikan konvensional dan formal akhirnya mencari solusi lain. Misalnya munculnya gagasan “masyarakat tanpa sekolah “ ,”pendidikan tanpa batas” ,”pendidikan yang membebaskan “, dan ”pendidikan untuk kaum tertindas”.

Maka dari itu dengan hadirnya konsep pendidikan yang didasarkan atas paradigm islam dapat menjadi alternative bagi dunia pendidikan dalam menghadapi krisis konseptualnya.

No comments:

Post a Comment