Friday, 10 April 2015

silabus

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Kode/Nama Mata Kuliah        :  Pembelajaran SKI
Program Studi                         :  PAI
Beban Studi                            :  2 SKS
Semester                                  :  VI                
Dosen Pengampu                    :  ‘Aid Mustaqim,M.Ag.
Jumlah Pertemuan                   : 14
Alokasi Waktu                        :  100 menit


Standar Kompetensi:  
Pertemuan ke :
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Metode Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
Mahasiswa mampu memahaMTs/MA ruang lingkup matakuliah Pembelajaran SKI
-Mahasiswa mampu menjelaskan MK Pembelajaran SKI, kompetensi dan  tujuan pembelajarannya
-Mahasiswa mampu menguraikan ruang lingkup Pembelajaran SKI
-Mahasiswa mampu mendeskripsikan tugas-tugas yang kan dilakukannya selama 1 semester
-Kontrak Belajar dan Sosialisasi Tugas
-Overview materi Pembelajaran SKI
-Avtive knowledge sharing
100 menit
SAP dan Handout Pembelajaran SKI
2
Mahasiswa mampu memahaMTs/MA Hakikat Sejarah, Pendekatan Sejarah,Karakteristik Sejarah dan implikasinya dalam pembelajaran SKI
-Mahasiswa mampu menjelaskan definisi sejarah
-Mahasiswa mampu menjelaskan pendekatan Sejarah
- Mahasiswa mampu menguraikan karakteristik sejarah dan implikasinya dalam pembelajaran SKI
Hakikat Sejarah, Pendekatan Sejarah,Karakteristik Sejarah dan implikasinya dalam pembelajaran SKI
-          sda
sda
1.      Hanafi, M. Pembelajaran SKI. Jakarta: DirJen PenDis DEPAG RI, 2009.
2.      Kuntowijoyo, Penjelasan Sejarah (Historical Explanation), Yogyakarta: Tiara
Wacana.2008.
3.      _______________, Metodologi Sejarah,. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2003.

3
Mahasiswa mampu memahaMTs/MA Karakteristik siswa usia sekolah dasar dan implikasinya terhadap pembelajran SKI
-Mahasiswa mampu mendeskripsikan karakteristik siswa usia sekolah dasar
-Mahasiswa  mampu menguraikan implikasi karakteristik siswa dalam pembelajaran SKI
Karakteristik siswa usia sekolah dasar dan implikasinya terhadap pembelajran SKI
-Group to Group Exchange
sda
1.      Hanafi, M. Pembelajaran SKI. Jakarta: DirJen PenDis DEPAG RI, 2009.
2.      Solihatin, Etin dan Raharjo. Metode Cooperative Learning Dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: PT. Gramedia. 2007
4
Mahasiswa mampu memahaMTs/MA konsep dasar kurikulum secara umum dan secara khusus (kurikulum SKI MTS/MA)
-Mahasiswa mampu menjelaskan kurikulum SKI MTS/MA
-Mahasiswa mampu menguraikan tujuan pembelajaran SKI di MTS/MA
-Mahasiswa mampu menjelaskan scope dan sequence materi SKI di MTS/MA
Orientasi Kurikulum SKI di MTS/MA
-Time line
-G to G
sda
sda

5
Mahasiswa mampu memahaMTs/MA konsep dasar pengembangan materi SKI
-Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan materi SKI
-Mahasiswa mampu menguraikan pengembangan salah satu materi SKI di MTS/MA
-Mahasiswa mampu membuat klasifikasi jenis-jenis materi yang dikembangkannya
Pengembangan materi SKI
-Sda
-MTs/MAnd Map

sda
Sda
6
Mahasiswa mampu memahaMTs/MA Problematika Pembelajaran SKI
-Mahasiswa mampu menjelaskan problematika pembelajaran SKI di MTS/MA
-Mahasiswa mampu membuat perencanaan pemecahan problematika pembelajaran SKI di MTS/MA
Problematika Pembelajaran SKI
-          sda
sda
Sda
1.      Kasmadi, Hartono.. PengembanganPembelajaran Dengan Pendekatan Model-
Model Pengajaran Sejarah. Semarang:PT. Prima Nugraha Pratama. 2001,
7
Mahasiswa mampu memahaMTs/MA problematika pembelajaran SKI dan mengemukakan solusinya
-Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil observasinya tentang problematika pembelajaran SKI di MTS/MA berikut solusinya
-Mahasiswa mampu memberikan saran perbaikan atas permasalahan yang diobservasi
Laporan Observasi; Problematika pembelajaran SKI dan solusinya
-          sda
sda
sda
UJIAN TENGAH SEMESTER
8
Mahasiswa mampu memahaMTs/MA pengembangan konsep dasar strategi dan media pembelajaran SKI
-Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai macam strategi dan media pembelajaran SKI
-Mahasiswa mampu menganalisis kelebihan dan kekurangan strategi dan media pembelajaran SKI
-Mahasiswa mampu mempraktekkan salah satu strategi dan media pembelajaran SKI
Pengembangan konsep dasar strategi dan media pembelajaran SKI
-          sda
sda
sda
9
Mahasiswa memahaMTs/MA konsep dasar evaluasi SKI
-Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar evaluasi SKI
-Mahasiswa mampu membuat berbagai model evaluasi SKI
Konsep dasar pengembangan evaluasi
-          sda
sda
sda
10
Mahasiswa mampu memahaMTs/MA silabus dan RPP

-Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar silabus dan RPP
-Mahasiswa mampu memahaMTs/MA dan menyusun unsur-unsur RPP

Konsep dasar silabus dan RPP
-          sda
sda
Sda

11
Mahasiswa meMTs/MAliki kemampuan dalam merencanakan dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran SKI
Mahasiswa mampu merencanakan dan mempraktekkan pembelajaran SKI
Perencanaan pembelajaran dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran SKI (MTs/MAcroteamteaching)

-          every one is a teacher here
sda
sda
12
Mahasiswa meMTs/MAliki kemampuan dalam merencanakan dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran SKI
Mahasiswa mampu merencanakan dan mempraktekkan pembelajaran SKI
Perencanaan pembelajaran dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran SKI (MTs/MAcroteamteaching)

-          sda
-          Group to Group Exchange

sda
13
Mahasiswa meMTs/MAliki kemampuan dalam merencanakan dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran SKI
Mahasiswa mampu merencanakan dan mempraktekkan pembelajaran SKI
Perencanaan pembelajaran dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran SKI (MTs/MAcroteamteaching)

-sda
-TV Commersial
Information search

Sda
14
Mahasiswa meMTs/MAliki kemampuan dalam merencanakan dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran SKI
-          Mahasiswa mampu merencanakan dan mempraktekkan pembelajaran SKI
Perencanaan pembelajaran dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran SKI (MTs/MAcroteamteaching)

-sda
-Gto G

Sda
UJIAN AKHIR SEMESTER
Komposisi Penilaian :
Aspek Penilian
Prosentase
Ujian Akhir Semester
25%
Ujian Tengah Semester
25%
Keaktivan
25%
Tugas Mandiri/Portofolio
25%
Komponen lain
0
Total
100 %

Daftar referensi
1.      Hanafi, M. Pembelajaran SKI. Jakarta: DirJen PenDis DEPAG RI, 2009.
2.      Solihatin, Etin dan Raharjo. Metode Cooperative Learning Dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: PT. Gramedia. 2007
3.      Kuntowijoyo, Penjelasan Sejarah (Historical Explanation), Yogyakarta: Tiara
Wacana.2008.
4.      _______________, Metodologi Sejarah,. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2003.
5.      Kasmadi, Hartono.. PengembanganPembelajaran Dengan Pendekatan Model-
Model Pengajaran Sejarah. Semarang:PT. Prima Nugraha Pratama. 2001,



          

No comments:

Post a Comment