SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Kode/Nama Mata Kuliah : Pembelajaran SKI
Program Studi : PAI
Beban Studi : 2 SKS
Semester : VI
Dosen Pengampu : ‘Aid
Mustaqim,M.Ag.
Jumlah Pertemuan :
14
Alokasi Waktu :
100 menit
Standar
Kompetensi:
Pertemuan ke :
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
Metode
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
Mahasiswa
mampu memahaMTs/MA ruang lingkup matakuliah Pembelajaran SKI
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan MK Pembelajaran SKI, kompetensi dan tujuan pembelajarannya
-Mahasiswa
mampu menguraikan ruang lingkup Pembelajaran SKI
-Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tugas-tugas yang kan dilakukannya selama 1 semester
|
-Kontrak
Belajar dan Sosialisasi Tugas
-Overview
materi Pembelajaran SKI
|
-Avtive
knowledge sharing
|
100 menit
|
SAP dan Handout
Pembelajaran SKI
|
2
|
Mahasiswa
mampu memahaMTs/MA Hakikat Sejarah, Pendekatan Sejarah,Karakteristik Sejarah
dan implikasinya dalam pembelajaran SKI
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan definisi sejarah
-Mahasiswa
mampu menjelaskan pendekatan Sejarah
- Mahasiswa
mampu menguraikan karakteristik sejarah dan implikasinya dalam pembelajaran
SKI
|
Hakikat
Sejarah, Pendekatan Sejarah,Karakteristik Sejarah dan implikasinya dalam
pembelajaran SKI
|
-
sda
|
sda
|
1.
Hanafi, M. Pembelajaran SKI. Jakarta: DirJen
PenDis DEPAG RI, 2009.
2.
Kuntowijoyo, Penjelasan Sejarah (Historical
Explanation), Yogyakarta: Tiara
Wacana.2008.
3. _______________, Metodologi Sejarah,.
Yogyakarta: Tiara Wacana, 2003.
|
3
|
Mahasiswa
mampu memahaMTs/MA Karakteristik siswa usia sekolah dasar dan implikasinya
terhadap pembelajran SKI
|
-Mahasiswa
mampu mendeskripsikan karakteristik siswa usia sekolah dasar
-Mahasiswa mampu menguraikan implikasi karakteristik
siswa dalam pembelajaran SKI
|
Karakteristik
siswa usia sekolah dasar dan implikasinya terhadap pembelajran SKI
|
-Group to Group Exchange
|
sda
|
1.
Hanafi, M. Pembelajaran SKI. Jakarta: DirJen
PenDis DEPAG RI, 2009.
2.
Solihatin, Etin dan Raharjo. Metode Cooperative
Learning Dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: PT. Gramedia. 2007
|
4
|
Mahasiswa
mampu memahaMTs/MA konsep dasar kurikulum secara umum dan secara khusus
(kurikulum SKI MTS/MA)
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan kurikulum SKI MTS/MA
-Mahasiswa
mampu menguraikan tujuan pembelajaran SKI di MTS/MA
-Mahasiswa
mampu menjelaskan scope dan sequence materi SKI di MTS/MA
|
Orientasi
Kurikulum SKI di MTS/MA
|
-Time line
-G to G
|
sda
|
sda
|
5
|
Mahasiswa
mampu memahaMTs/MA konsep dasar pengembangan materi SKI
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan materi SKI
-Mahasiswa
mampu menguraikan pengembangan salah satu materi SKI di MTS/MA
-Mahasiswa
mampu membuat klasifikasi jenis-jenis materi yang dikembangkannya
|
Pengembangan
materi SKI
|
-Sda
-MTs/MAnd Map
|
sda
|
Sda
|
6
|
Mahasiswa
mampu memahaMTs/MA Problematika Pembelajaran SKI
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan problematika pembelajaran SKI di MTS/MA
-Mahasiswa
mampu membuat perencanaan pemecahan problematika pembelajaran SKI di MTS/MA
|
Problematika
Pembelajaran SKI
|
-
sda
|
sda
|
Sda
1. Kasmadi,
Hartono.. PengembanganPembelajaran Dengan Pendekatan Model-
Model
Pengajaran Sejarah. Semarang:PT. Prima Nugraha Pratama. 2001,
|
7
|
Mahasiswa
mampu memahaMTs/MA problematika pembelajaran SKI dan mengemukakan solusinya
|
-Mahasiswa
mampu mempresentasikan hasil observasinya tentang problematika pembelajaran
SKI di MTS/MA berikut solusinya
-Mahasiswa
mampu memberikan saran perbaikan atas permasalahan yang diobservasi
|
Laporan
Observasi; Problematika pembelajaran SKI dan solusinya
|
-
sda
|
sda
|
sda
|
UJIAN TENGAH
SEMESTER
|
||||||
8
|
Mahasiswa
mampu memahaMTs/MA pengembangan konsep dasar strategi dan media pembelajaran SKI
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan berbagai macam strategi dan media pembelajaran SKI
-Mahasiswa
mampu menganalisis kelebihan dan kekurangan strategi dan media pembelajaran
SKI
-Mahasiswa
mampu mempraktekkan salah satu strategi dan media pembelajaran SKI
|
Pengembangan
konsep dasar strategi dan
media pembelajaran SKI
|
-
sda
|
sda
|
sda
|
9
|
Mahasiswa
memahaMTs/MA konsep dasar evaluasi SKI
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan konsep dasar evaluasi SKI
-Mahasiswa
mampu membuat berbagai model evaluasi SKI
|
Konsep
dasar pengembangan evaluasi
|
-
sda
|
sda
|
sda
|
10
|
Mahasiswa
mampu memahaMTs/MA silabus dan RPP
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan konsep dasar silabus dan RPP
-Mahasiswa mampu memahaMTs/MA dan menyusun unsur-unsur RPP
|
Konsep
dasar silabus dan RPP
|
-
sda
|
sda
|
Sda
|
11
|
Mahasiswa
meMTs/MAliki kemampuan dalam merencanakan dan mengaplikasikannya dalam
pembelajaran SKI
|
Mahasiswa mampu
merencanakan dan mempraktekkan pembelajaran SKI
|
Perencanaan
pembelajaran dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran SKI (MTs/MAcroteamteaching)
|
-
every one is a teacher here
|
sda
|
sda
|
12
|
Mahasiswa
meMTs/MAliki kemampuan dalam merencanakan dan mengaplikasikannya dalam
pembelajaran SKI
|
Mahasiswa mampu
merencanakan dan mempraktekkan pembelajaran SKI
|
Perencanaan
pembelajaran dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran SKI (MTs/MAcroteamteaching)
|
-
sda
-
Group to Group Exchange
|
|
sda
|
13
|
Mahasiswa
meMTs/MAliki kemampuan dalam merencanakan dan mengaplikasikannya dalam
pembelajaran SKI
|
Mahasiswa mampu
merencanakan dan mempraktekkan pembelajaran SKI
|
Perencanaan
pembelajaran dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran SKI (MTs/MAcroteamteaching)
|
-sda
-TV Commersial
Information search
|
|
Sda
|
14
|
Mahasiswa
meMTs/MAliki kemampuan dalam merencanakan dan mengaplikasikannya dalam
pembelajaran SKI
|
-
Mahasiswa
mampu merencanakan dan mempraktekkan pembelajaran SKI
|
Perencanaan
pembelajaran dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran SKI (MTs/MAcroteamteaching)
|
-sda
-Gto G
|
|
Sda
|
UJIAN AKHIR
SEMESTER
|
Komposisi Penilaian
:
Aspek Penilian
|
Prosentase
|
Ujian Akhir Semester
|
25%
|
Ujian Tengah Semester
|
25%
|
Keaktivan
|
25%
|
Tugas Mandiri/Portofolio
|
25%
|
Komponen lain
|
0
|
Total
|
100 %
|
Daftar referensi
1.
Hanafi, M. Pembelajaran SKI. Jakarta: DirJen
PenDis DEPAG RI, 2009.
2.
Solihatin, Etin dan Raharjo. Metode Cooperative
Learning Dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: PT. Gramedia. 2007
3.
Kuntowijoyo, Penjelasan Sejarah (Historical
Explanation), Yogyakarta: Tiara
Wacana.2008.
4. _______________, Metodologi Sejarah,.
Yogyakarta: Tiara Wacana, 2003.
5.
Kasmadi, Hartono.. PengembanganPembelajaran Dengan
Pendekatan Model-
Model Pengajaran
Sejarah. Semarang:PT. Prima Nugraha Pratama. 2001,
No comments:
Post a Comment