Friday, 10 April 2015

( R P P )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan             : MA. Hasyim Asy’ari         
Kelas / Semester                : X / Genap
Mata pelajaran                     : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan                       : 1      kali pertemuan (2 x 45 menit)
Standar kompetensi          : 6.     Membiasakan prilaku terpuji
Kompetensi Dasar              : 6.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.
Alokasi Waktu                     : 2  jam pelajaran ( 2 x 45 menit )

A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Memahami tentang husnudz-dzan dan bertaubat.
2. Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.
3. Mendiskusikan masalah perbedaan antara husnudz-dzan dan bertaubat.
4. Menyimpulkan tentang pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.
5. Mempresentasikan masalah husnudz-dzan dan bertaubat

B. Materi Ajar : pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.

C. Metode :
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inkuiri
·         Pengamatan

D. Langkah-langkah pembelajaran :
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan

·  Pertemuan pertama (ke 1)  ( 2 x 45 Menit )
1.  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
o   Memberikan salam pembuka
o   Menanyakan kepada siswa tentang pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.
o   Memotivasi siswa untuk mempelajari tentang pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.  
2.  Kegiatan inti
o   Tanya jawab awal tentang pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.  
o   Guru memberikan ilustrasi tentang pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.  
o   Guru menyebutkan tentang pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.  
o   Mendiskusikan dalam kelompok tentang pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.  
o   Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.  


10






65





Pemahaman Konsep











3.  Kegiatan penutup.
  • Guru memberikan refleksi
  • Guru memberikan tugas pengayaan untuk membaca berbagai tentang pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.  
  • Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.  
  • Memberikan kesempatan kepada siswa dan siswa edor mengerjakan soal-soal latihan tentang pengertian dan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat.  
  • Memberikan salam penutup.

15

E.  Sumber Belajar :
·  Al Qur’an dan terjemahanya
·  Internet dan Intranet
·  Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
·  LKS Aqidah Akhlak
·  LCD
·  Dll



F. Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Mendeskripsikan pengertian husnudz-dzan dan bertaubat
Tes Tertulis
Uraian
Ø  Jelaskan pengertian husnudz-dzan dan bertaubat?
Ø  Menjelaskan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat
Tes Tertulis
Uraian
Ø  Jelaskan pentingnya husnudz-dzan dan bertaubat ?
Ø  Membedakan antara prilaku  husnudz-dzan dan bertaubat
Tes Tertulis
Uraian
Ø  Bedakan antara prilaku  husnudz-dzan dan bertaubat ?

.
Menghetahui
Kepala Madrasah



Ahmad Ridlo,SS,M.PdI

Guru Mapel Akidah Akhlak



Amanah


No comments:

Post a Comment