TUGAS
PENYUSUNAN INSTRUMEN PENDIDIKAN
![]() |
Dosen Pengampu : Lumaur Ridlo, S.Psi.,M.Pd
Disusun oleh :
Nama : Amanah
NIM :
Semester : 6 c
Fakultas : Tarbiyah
PAI
INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM GHOZALI (IAIIG)
CILACAP
2015
A. Objek Penelitian Pendidikan :
“Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak pada kelas V di MI Ma’arif NU 02
Kaliwedi Tahun 2014/2015”
B. Definisi Operasional :
1. Strategi
pembelajaran
Strategi adalah suatu garis besar haluan untuk
bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan (Djamarah
& Zain, 2006: 5). Menurut Wina Sanjaya, strategi dapat diartika
sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan muliter untuk memenangkan suatu
peperangan (Sanjaya, 2008: 125).
Corey dalam Umi Zulfa (2010) berpendapat bahwa pembelajaran adalah suatu
proses di mana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk
memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi
khusus untuk menghasilkan respon
terhadap situasi tertentu, sehingga pembelajaran merupakan subset khusus dari
pendidikan (Zulfa, 2010: 6).
Strategi pembelajaran adalah suatu langkah berupa pengorganisasian
komponen-komponen pembelajaran yang dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan
pembelajaran (Zulfa, 2010: 16). Adapun yang dimaksud dengan strategi
pembelajaran menurut penulis adalah suatu metode atau cara yang telah dipilih
dengan berbagai pertimbangan, yang akan digunakan oleh pendidik dalam
melaksanakan proses belajar mengajar sehingga akan tercapai tujuan
pembelajaran.
2.
Aqidah akhlak
Aqidah akhlak adalah salah
satu bagian dari materi pendidikan agama Islam yang diantaranya memuat tentang
keyakinan serta cara berperilaku umat Islam dalam berbagai hal.
C. Panduan Wawancara :
Wawancara dengan kepala
sekolah MI Ma’arif NU 02 Kaliwedi :
1.
Bagaimana sejarah singkat berdirinya serta
perkembangan MI Ma’arif NU 02 Kaliwedi?
2.
Pada tahun berapa bapak menjabat sebagai kepala
sekolah?
3.
Apa saja bentuk pembinaan yang dilakukan oleh
bapak pada siswa terutama kelas V mata pelajaran aqidah akhlak?
4.
Apakah bapak melakukan kegiatan supervisi
terhadap kinerja guru aqidah akhlak?
5.
Bagaimana bapak melakukan kegiatan supervisi
terhadap kinerja guru aqidah akhlak?
Wawancara dengan guru aqidah akhlak:
1.
Persiapan apa saja yang dilakukan sebelum proses pembelajaran
aqidah akhlak?
2.
Strategi apa saja yang digunakan dalam proses pembelajaran
aqidah akhlak?
3.
Faktor apa saja yang berpengaruh terhadap pemilihan strategi
pembelajaran?
4.
Berapa nilai KKM untuk mata pelajaran aqidah akhlak?
5.
Apa faktor pendukung dan hambatan dalam pembelajaran aqidah
akhlak?
6.
Apa saja usaha yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam pembelajaran aqidah akhlak?
D. Panduan Observasi :
1.
Letak geografis sekolah.
2.
Konsidi kelas V MI Ma’arif NU 02 Kaliwedi pada mapel
aqidah akhlak.
3.
Media dan sumber yang dimiliki sekolah khususnya
kelas V.
4.
Aktifitas guru dan peserta didik kelas V
E. Daftar Pustaka
Djamarah,
Syaiful Bahri dan Zain, Aswan, (2006), Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina, (2008), Strategi Pembelajaran Berorientasi Strandar
Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Zulfa, Umi, (2010), Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi).
Cilacap: Cahaya Ilmu
No comments:
Post a Comment