Friday, 10 April 2015

makalah instrumen pendidikan

TUGAS

PENYUSUNAN INSTRUMEN PENDIDIKAN
                                                                                     
 










Dosen Pengampu : Lumaur Ridlo, S.Psi.,M.Pd


Disusun oleh        :

Nama         : Amanah
NIM           :
Semester    :   6 c
Fakultas    :   Tarbiyah PAI


INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM GHOZALI (IAIIG)
CILACAP
2015

A.  Objek Penelitian Pendidikan :
“Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak pada kelas V di MI Ma’arif NU 02 Kaliwedi Tahun 2014/2015”

B.  Definisi Operasional :
1.    Strategi pembelajaran
Strategi adalah suatu garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan (Djamarah & Zain, 2006: 5). Menurut Wina Sanjaya, strategi dapat diartika sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan muliter untuk memenangkan suatu peperangan (Sanjaya, 2008: 125).
Corey dalam Umi Zulfa (2010) berpendapat bahwa pembelajaran adalah suatu proses di mana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus untuk menghasilkan respon terhadap situasi tertentu, sehingga pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan (Zulfa, 2010: 6).
Strategi pembelajaran adalah suatu langkah berupa pengorganisasian komponen-komponen pembelajaran yang dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran (Zulfa, 2010: 16). Adapun yang dimaksud dengan strategi pembelajaran menurut penulis adalah suatu metode atau cara yang telah dipilih dengan berbagai pertimbangan, yang akan digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehingga akan tercapai tujuan pembelajaran.
2.    Aqidah akhlak
Aqidah akhlak adalah salah satu bagian dari materi pendidikan agama Islam yang diantaranya memuat tentang keyakinan serta cara berperilaku umat Islam dalam berbagai hal.

C.  Panduan Wawancara :
Wawancara dengan kepala sekolah MI Ma’arif NU 02 Kaliwedi :
1.    Bagaimana sejarah singkat berdirinya serta perkembangan MI Ma’arif NU 02 Kaliwedi?
2.    Pada tahun berapa bapak menjabat sebagai kepala sekolah?
3.    Apa saja bentuk pembinaan yang dilakukan oleh bapak pada siswa terutama kelas V mata pelajaran aqidah akhlak?
4.    Apakah bapak melakukan kegiatan supervisi terhadap kinerja guru aqidah akhlak?
5.    Bagaimana bapak melakukan kegiatan supervisi terhadap kinerja guru aqidah akhlak?
Wawancara dengan guru aqidah akhlak:
1.    Persiapan apa saja yang dilakukan sebelum proses pembelajaran aqidah akhlak?
2.    Strategi apa saja yang digunakan dalam proses pembelajaran aqidah akhlak?
3.    Faktor apa saja yang berpengaruh terhadap pemilihan strategi pembelajaran?
4.    Berapa nilai KKM untuk mata pelajaran aqidah akhlak?
5.    Apa faktor pendukung dan hambatan dalam pembelajaran aqidah akhlak?
6.    Apa saja usaha yang dilakukan dalam mengatasi hambatan  dalam pembelajaran aqidah akhlak?

D.  Panduan Observasi :
1.    Letak geografis sekolah.
2.    Konsidi kelas V MI Ma’arif NU 02 Kaliwedi pada mapel aqidah akhlak.
3.    Media dan sumber yang dimiliki sekolah khususnya kelas V.
4.    Aktifitas guru dan peserta didik kelas V

E.  Daftar Pustaka
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan, (2006), Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina, (2008), Strategi Pembelajaran Berorientasi Strandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Zulfa, Umi, (2010), Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Cilacap: Cahaya Ilmu

No comments:

Post a Comment